Selasa, 10 April 2018

Rahasia Kepribadian Yang Sukses

Rahasia selanjutnya dalam mengunggap rahasia sukses adalah menunjukan kepada Anda kepribadian seperti apa yang diperlukan untuk meraih kesuksesaan. Sebelumnya, saya akan membuat Anda mengenal diri Anda sendiri seperti apakah kepribadian yang Anda miliki. Jika Anda menganggap bahwa kepribadian itu penting ikuti setiap tahap demi tahap penjelasan yang akan saya berikan secara singkat dan jelas. Saya juga akan mengajak Anda untuk turut serta dalam pembentukan kepribadian Anda sendiri sesuai dengan perintah yang saya minta. Sebelum saya mulai penjelasannya, saya akan memjelaskan betapa pentingnya kepribadian supaya Anda menerimanya dengan penuh perhatian.

Dalam dunia bisnis modern, kepribadian merupakan sikap yang paling utama yang harus dimiliki, maka tidak salah jika banyak sekali bisnis kepribadian. Apa yang dimaksud dengan bisnis kepribadian?, bisnis yang mengutamakan pelayanan yang akhirnya membuat nilai bisnis itu meningkat drastis. Pelayanan selalu berhubungan dengan manusia yang mempunyai kepribadian yang baik. Bahkan ada sebuah hotel yang menerima karyawannya dengan tiga factor yaitu..kepribadian, kepribadian dan kepribadian. Itulah hotel Brisbane. Seorang direktur Pelaksana dari Elelman Public Relations Singapura yang bernama Sharolyn Choy mengatakan, “saya mencari orang-orang yang mempunyai sikap yang baik dan perilaku yang baik. Kualifikasi akademis bukanlah segala-galanya.” Sampai disini apakah Anda sudah menganggap bahwa kepribadian itu penting. Jika sudah, saya akan meneruskan pembahasan mengenai pembentukan kepribadian sukses. 

Kepribadian sukses sebenarnya sama dengan kepribadian yang baik, ini hanyalah istilah saya saja. Kepribadian mempunyai arti yang luas namun semuanya berhubungan dengan sikap positif yang dimiliki seseorang. Jika Anda adalah orang yang positif bisa dipastikan Anda akan mudah untuk membentuk kepribadiaan. Saya ingin menceritakan bahwa sebenarnya manusia itu terlahir dalam kondisi yang positif namun lingkunganlah yang membuat kita negatif. Sampai disini kita sudah paham bahwa langkah dasar dalam membentuk kepribadian adalah selalu menempatkan diri dalam kondisi yang positif. Saya tidak bermaksud meminta Anda untuk menjauhi orang-orang disekitar Anda. Namun saya hanya ingin membuat Anda lebih positif sehingga Anda bukan dipengaruhi namun mempengaruhi lingkungan Anda supaya lebih positif.

Sebelum dalam proses memberi pengaruh pada lingkungan yang negatif, tentu saja semua dimulai dari diri sendiri. Saya ingin mengatakan sekali lagi bahwa buku ini adalah untuk membuat diri Anda sukses dari dalam dan akhirnya Anda menjadi magnet yang akan menarik kesuksesaan dari luar, sehingga fokus Anda adalah menjadi magnet, bukan menjadi pencari sukses. Cara menjadi magnet semua tergantung dari kesuksesaan dari dalam seperti yang dikatakan oleh Jennie S.Bev bahwa kesuksesan hanyalah sebagai akibat atau konsekuensi sukses dari dalam. Sebelum saya menjelaskan sikap sukses Apa saja yang harus Anda miliki, saya akan membantu Anda untuk mengenali seperti apakah kepribadian yang Anda miliki sekarang. Ini artinya kenali diri Anda sebelum orang lain mengenali seperti apa diri Anda. Saya akan mengunakan cara yang telah dilakukan oleh David McNally dan Karl D. Speak dalam bukunya yang berjudul Be Your Own Brand. Saya telah merangkum dan membuat istilah saya sendiri supaya lebih ringkas namun tidak melenceng apa yang terkandung dalam buku itu.

Mengenali Nilai Kepribadian Anda 

Langkah pertama: Bacalah setiap nilai kepribadian Anda dan bubuhkan tanda centang (v) pada kolom yang sesuai dengan pilihan Anda- yang mengindikasikan kepentingan yang relatif bagi Anda (tidak penting (TP), cukup penting (CP), atau sangat penting (SP)).

Nilai Kepribadian Anda
SP
CP
TP
Keseimbangan hidup



Persaingan



Kontribusi



Pengendalian



Kerja sama



Kreativitas



Perekonomian yang terjamin



Keadilan



Ketenaran



Kebahagiaan



Kehormatan



Persahabatan



Kedermawaan



Kesehatan



Kemandirian



Pengaruh



Keselarasan Batin



Integritas



Belajar



Loyalitas



Alam



Ketertiban



Perkembangan Pribadi



Kesenangan



Kekuatan



Geng



Mutu



Pengakuan Orang Lain



Tanggung jawab



Keamanan



Pelayanan



Harga Diri



Kerohanian



Stabilitas



Toleransi



Tradisi



Keaneragaman



Kekayaan



Kebijaksanaan



Lain-lain




Langkah kedua: Setelah menandai kepentingan yang relatif dari Nilai Kepribadian Anda tersebut, perhatikanlah nilai-nilai yang Anda tandai sebagai hal yang sangat penting. Tujuan Anda melakukan penelitian ini untuk menyaring daftar nilai-nilai yang sangat penting tersebut menjadi tujuh nilai yang Anda anggap paling penting. Catatlah ketujuh nilai tersebut sesuai urutan yang Anda inginkan ditempat yang telah disediakan dibawah ini.
No
7 Macam Nilai Kepribadian Anda yang “Sangat Penting
1
2
3
4
5
6
7

Saya ingin bertanya kepada Anda apakah ke tujuh Nilai Kepribadian yang telah Anda pilih itu benar-benar nilai yang ideal ingin atau sudah Anda miliki. Jika sudah memilih dengan penuh keyakinan bahwa yang Anda pilih adalah Nilai-Nilai Kepribadian Anda, saya ucapakan selamat. Selamat karena Anda sudah belajar untuk mengenali kepribadian Anda dan selamat Anda sudah menentukan kepribadian seperti apa yang ingin Anda wujudkan. Saya yakin bahwa ketujuh nilai kepribadian yang telah Anda pilih secara umum positif dan baik untuk masa depan Anda. Saya ingin menambahkan sekali lagi dari teknik yang ada dalam buku itu.

Langkah ketiga: Sekarang saya meminta Anda untuk menuliskan ketujuh Nilai Kepribadian Anda kedalam selembar kertas dan pastikan Anda menghafalnya karena itu adalah kepribadian Anda atau kepribadian yang Anda benar-benar inginkan kalau perlu Anda tempelkan ke dinding dan pastikan setiap hari Anda membacanya sehingga jika Anda melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kepribadian Anda, Anda akan segera mengingat dan meluruskan sesuai dengan kepribadian yang Anda inginkan itu. Kalau perlu jadikan yang telah Anda pilih itu sebagai tagline Anda. Hasilnya pasti lebih luar biasa. Semoga.

Sekali lagi selamat Anda telah membentuk kepribadian Anda, sekarang tugas Anda adalah memperjuangan kepribadian Anda itu. Akhirnya, saatnya bagi saya untuk menunjukan kepada Anda kepribadian untuk meraih kesuksesaan itu. Saya ingatkan Anda jangan pernah menghapus ke tujuh kepribadian inti Anda, tetapi menambahi dengan kepribadian sukses yang akan saya bahas berikut ini. Pada umumnya sikap ini dimiliki oleh sebagian besar orang-orang sukses.

1.Suka belajar
Seperti yang dikatakan oleh Tung Desem Waringin bahwa orang yang mempunyai mindset sukses selalu fokus pada leher keatas daripada leher kebawah. Maksudnya selalu membuat otak terisi dengan ilmu, bahkan beliau juga mengabiskan ratusan juta untuk mengikuti seminar Antonio Robins. Otak merupakan aset yang luar biasa maka tugas Anda adalah jangan membiarkan otak Anda kosong tanpa ilmu dan selalu menyaring
sehingga otak Anda tidak dimasuki kata-kata negatif.

2.Percaya diri 
Sikap yang wajib dimiliki setiap orang yang ingin meraih kesuksesaan hidup dan sikap ini harus ada dalam diri Anda, bagaimana Anda bisa sukses jika Anda tidak berani menunjukan kemampuan Anda. Orang lain tidak akan menganggap diri Anda bisa diandalkan. Maka yakinlah dengan apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses suatu saat nanti.

3.Tidak suka beralasan 
Orang yang selalu beralasan akan terbiasa dengan menunda kesuksesaan. Orang seperti ini hanyalah menjadi beban bagi orang lain. Mereka biasanya banyak bicara tetapi sedikit dalam melakukan sesuatu. Orang seperti ini seperti katak dalam tempurung, dan saya jamin tidak akan pernah sukses, baik sukses dari dalam atau sukses dari laur bahkan orang seperti ini akan sulit menikmati surga. Jika beribadah saja terus beralasan, kalau tidak ada alasan akan mencari alasan lain walau tidak masuk akal.

4.Berpenampilan menarik 
Berpenampilan menarik, bukan berarti harus mewah atau pun mahal, yang terpenting adalah rapi dan sesuai dengan situasi dan kondisi. Penampilan Anda menunjukan kepribadian Anda dan penampilan yang menarik sangat penting untuk membuat orang lain yakin terhadap Anda. Jika orang lain sudah yakin terhadap menampilan Anda, maka akan menimbulkan kepercayaan dari orang lain. Semakin dipercaya orang lain semakin mudahlah Anda meraih kesuksesaan.

5.Selalu positif. 
Seperti yang saya bahas sebelumnya bahwa kepribadian selalu berhubungan dengan halhal yang positif. Positif disini adalah baik positif dalam berfikir, bertingkah laku maupun berbicara. Semakin positif pikiran Anda, akan semakin ringan beban Anda saat mengalami kegagalan sementara, orang-orang yang berfikir positif, mereka tidak
menganggap sebuah kegagalan tapi sebuah tantangan. Sama juga dengan berbicara dan bertingkah laku yang positif akan senantiasa membuat lingkungan dan hidup Anda semakin tenang.

6.Mencintai Pekerjaan.
Mark Twin pernah mengatakan buatlah pekerjaan Anda sebagai hiburan. Atau juga perkataan Catherine Devrye, “taruhlah minat pada pekerjaan Anda agar semakin menarik”. Mencintai apapun yang Anda lakukan selama itu positif sangat mempermudah Anda untuk meraih kesuksesaan, seperti banyak orang yang telah sukses karena bekerja sesuai dengan hobinya. Cintai pekerjaan Anda, maka kesuksesaan akan ada dalam pelukan Anda atas ijin Allah Swt.

7.Berani Mencoba
Ada sebuah perkataan yaitu lebih baik gagal daripada tidak berani mencoba. Karena dengan berani mencoba walaupun Anda gagal, tapi ada kesempatan bagi Anda untuk belajar dari kegagalan itu. Semakin banyak mencoba semakin besar kemungkinan untuk berhasil.

Sikap sukses lainya bisa Anda temukan bab-bab lainnya dalam buku ini. Semua sikap itu harus Anda satukan kedalam diri Anda dan jika belum ada dalam buku ini, jadikan itu sebagai keunikan dari kepribadian Anda yang membuat Anda berbeda dari orang lain.

Sebenarnya cara termudah untuk belajar kepribadian adalah bersahabatlah dengan orang yang mempunyai kepribadian yang baik dijamin Anda akan memiliki apa yang mereka miliki. Saya ingin mengingatkan bahwa bekerja adalah kepribadian. Saya sudah membuka rahasia kesuksesaan Anda, sekarang tugas Anda untuk mempraktekan semua yang sudah saya bahas. Jangan pernah malas apalagi tidak mempunyai kemauan, ini adalah penyakit yang sulit sekali disembuhkan bahkan obatnyapun sulit ditemukan kecuali diri Anda sendiri. 
Saatnya bagi Anda untuk ACTION!!!!!.

Referensi 

Buku : Membuka Rahasia Mencapai Kesuksesan Anda
Oleh  : Dar Almady  

1 komentar: